Specialist Service iPhone

5 Cara Merawat Kabel Charger iPhone Agar Awet di Rumah

cara merawat charger iphone

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on linkedin
Share on telegram

Kabel iPhone rusak memang amat menyebalkan, bukan? 

Apalagi, jika baterai iPhone sudah habis, dan kamu membutuhkannya untuk bekerja, atau bermain game.

Tentu, hal ini amat menjengkelkan dan bisa membuat marah. 

Jika kamu mengalami hal tersebut, tenang aja, kami akan menyediakan solusinya untukmu. 

Di artikel ini, kami akan menjelaskan dengan rinci cara merawat kabel charger iPhone agar awet dan tahan lama.

Kamu akan jadi tahu cara untuk merawat kabel iPhone yang mudah dilakukan di rumah. 

Jadi, yuk simak aja langsung artikel ini!

Akibat Tidak Merawat dan Memakai Charger dengan Benar

Seringkali, banyak juga user yang bertanya soal apa akibat memakai charger yang tidak original dan tidak merawat charger dengan baik.

Dari sudut pandang teknisi Specialist Service iPhone, jika kamu tidak memakai charger yang ori, hal tersebut, akan menyebabkan kerusakan pada port charger iPhone.

Kerusakan pada port charger iPhone bisa menyebabkan iPhone kamu tidak bisa di cas.

Selain itu, kalo kamu menggulung kabel dengan serampangan, dan memakai kabel dengan kasar, dalam arti cabut-pasang-cabut-pasang, hal itu juga bisa menyebabkan charger iPhone rusak.

SSi sendiri sering menemukan kasus dimana iPhone tidak bisa di cas karena terjadi kerusakan pada port chargingnya.

Dan setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata dia menggunakan charger iPhone yang tidak ori.

Memang, di satu sisi, kabel iPhone yang tidak ori memang murah, jika dibandingkan yang asli. Namun, kabel yang tidak ori tidaklah awet, cepat rusak, dan bisa menyebabkan kerusakan pada port charger iPhone.

Nah, yuk kita bahas yuk penyebab kabel iPhone cepat rusak.

Penyebab Kabel Charger iPhone Cepat Rusak

Sebelum membahas cara merawat charger iPhone agar awet, kamu perlu tahu dulu nih apa penyebab dari charger iPhone yang rusak. 

Nah, berikut beberapa penyebabnya: 

1. Bahan Kabel Jelek

Kabel yang awet dibuat dengan bahan yang berkualitas baik. 

Dan kabel yang gampang rusak, umumnya mempunyai bahan yang jelek. 

Itulah mengapa penting mempunyai kabel iPhone yang ORI, dengan kualitas yang baik. 

Sebab, kabel dengan kualitas jelek, akan menimbulkan masalah seperti: 

• Pengisian yang naik turun

• Kabel mudah putus

• Konektor charger rusak, dan;

• Kerusakan pada baterai

Yang paling parah, kabel dengan bahan yang jelek bisa menyebabkan kerusakan pada baterai iPhone, dengan membuat baterai menjadi kembung dan boros. 

Kenapa bahaya? 

Sebab, baterai yang kembung bisa merusak LCD dengan membuat layar terangkat. Seperti gambar dibawah. 

Bahaya, bukan? 

Oleh karena itu, menurut pengalaman kami, sangat penting untuk menggunakan kabel charger iPhone yang asli yang direkomendasikan oleh produsen, untuk memastikan bahwa kabel tersebut terbuat dari bahan-bahan yang berkualitas dan mampu bertahan lama. 

Poin pertama, mudah dipahami kan? 

Oke, sekarang kita lanjut ke nomor kedua:

Baca juga: Speaker iPhone Tidak Berfungsi? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

2. Pemakaian yang Kasar

Seperti kamu, kabel juga perlu diperlakukan dengan lembut. 

Terlalu sering, user iPhone lupa akan pentingnya memperlakukan kabel charger dengan lembut. 

Seperti: 

Menarik charger dengan kasar dari colokan.

Melipat kabel secara serampangan.

Atau, menyimpan kabel di tempat yang panas. 

Semua itu, bisa merusak charger iPhone. 

Misalnya saja, dengan kamu menyimpan kabel charger di tempat yang panas, hal itu dapat merusak isolasi kabel dan mengurangi daya tahannya. 

Kulit kabel bisa saja terkelupas, dan membahayakan kamu, pemiliknya. 

Oleh karena itu, mulai sekarang, simpanlah iPhone di tempat yang baik dan lipatlah kabel dengan tepat jika sudah tidak digunakan. 

Baca juga: Cara Memperbaiki Baterai iPhone yang Kembung, Yuk Simak!

3. Penuaan

Semakin tua baterai, semakin menurun fungsinya. 

Kami pasti sudah paham, bahwa seperti semua barang elektronik, kabel charger iPhone juga memiliki umur pakai yang terbatas. 

Dan seiring berjalannya waktu, kabel charger akan mengalami penurunan kualitas dan kemampuan fungsinya. 

Isolasi kabel mungkin mulai mengelupas, konduktor di dalamnya bisa mengalami degradasi, dan konektor mungkin mengalami keausan. 

Semua ini dapat mengakibatkan kabel menjadi kurang efektif dalam mengisi daya perangkat iPhonemu atau bahkan berhenti berfungsi sepenuhnya.

Jadi, jika kamu merasa kabel iPhonemu sudah tidak berfungsi lagi dengan optimal, atau amat sangat berbeda dengan waktu pembelian awal, mungkin sudah waktunya untuk kamu mencari penggantinya. 

Cara Merawat Charger iPhone Agar Awet

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan di rumah untuk merawat charger iPhone agar awet. Dari mulai menggunakan kabel yang ori, merawat kabel dengan lembut, hingga melepas kabel dari colokan jika sudah tidak terpakai. 

Cara #1: Memakai Kabel Ori

Yang paling mudah adalah dengan memakai charger yang ori. Kabel charger iPhone yang asli adalah yang diproduksi oleh Apple, produsen resmi iPhone.

Hal ini memastikan bahwa kabel tersebut terbuat dari bahan berkualitas tinggi, termasuk isolasi yang kuat, konduktor yang baik, dan konektor yang tahan lama. 

Ada beberapa manfaat memakai kabel iPhone yang ori, seperti: 

Keamanan Terjamin

Kabel charger iPhone asli juga memprioritaskan keamanan perangkat kamu. Mereka dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan, termasuk perlindungan terhadap lonjakan listrik dan pengaturan suhu yang tepat. 

Hal ini mengurangi risiko kerusakan pada perangkat kamu yang dapat disebabkan oleh pengisian yang tidak aman.

Kualitas Terjamin

Kelebihan yang kedua, adalah kualitasnya yang terjamin

Apa maksudnya terjamin?

Ini artinya:

Kabel tersebut terbuat dari bahan berkualitas tinggi, termasuk isolasi yang kuat, konduktor yang baik, dan konektor yang tahan lama. 

Kualitas yang terjamin ini menjadikan kabel tersebut lebih tahan lama dan andal dalam mengisi daya perangkat kamu

Baca juga: Cara Mengatasi Speaker iPhone yang Berbunyi “Kresek” (Pecah)

Cara ke #2: Merawat Kabel dengan Benar

Kabel yang dirawat dengan benar dan baik, kemungkinan besar akan bertahan lama. 

Merawat kabel dengan baik adalah kunci untuk memperpanjang umur pakainya dan agar tetap berfungsi dengan baik. 

Berikut adalah beberapa cara untuk merawat kabel charger Anda dengan baik:

Tarik dengan Lembut

Saat mencabut kabel charger dari perangkat atau colokannya, selalu lakukan dengan lembut. Hindari menariknya dengan keras atau tiba-tiba, karena tindakan ini dapat merusak konektor kabel.

Gulung dengan baik 

Kabel juga perlu kamu gulung dengan baik. Cabut dengan baik itu perlu, tetapi juga saat menggulung kabelnya.

Usahakan untuk tidak melipat kabel terlalu ketat atau membebankan tekanan berlebihan pada kabel.

Gunakan Penyimpanan yang Tepat

Ketika tidak digunakan, gulung kabel dengan rapi dan hindari melipatkannya secara berlebihan. Kamu bisa menggunakan organizer kabel atau wadah khusus untuk menyimpannya agar terhindar dari kerusakan.

Jangan menyimpannya di tempat yang panas atau basah. 

Cara #3: Lepas dari Colokan Jika Tidak Digunakan

Siapa nih yang sering membiarkan charger iPhone tetap tertancap bahkan ketika tidak digunakan? 

Jika kamu salah satu orang yang sering melakukan hal tersebut, kamu harus segera menghentikannya ya sobat. 

Melepas colokan jika tidak digunakan akan membuat chargermu lebih awet. 

Melepas colokan juga akan menghindari dari risiko konsleting. Nah, ini amat bahaya nih, misalnya sewaktu banjir, atau tergenang air. 

Melepas colokan juga akan menghindari pemborosan listrik. Jadi, kamu bisa hemat listrik yaah.

Cara #4: Memakai Pelindung Kabel

Fungsi pelindung kabel ini adalah untuk membuat kabel charger iPhone menjadi awet. Bentuk kabeli pelindung ini berulir dan tinggal pasangkan saja pada iPhonemu. 

Kabel protektor juga menjadi lapisan tambahan yang melindungi kabel dari tekanan fisik, gesekan, dan tekanan berlebih yang sering terjadi pada penggunaan sehari-hari. 

Selain itu, kabel protektor juga mencegah pengulitan yang bisa merusak kabel pada ujung-ujungnya yang rentan.

Jadi, tak ada ruginya kok menggunakan kabel charger.  Dan dengan melindungi kabel charger dengan baik, kabel protektor membantu memperpanjang umur pakai kabel, menjaga daya tahannya, dan menghindari kerusakan yang tidak diinginkan. 

Cara #5: Siapkan Charger Cadangan 

Memang sih, gak ada yang pengin charger iPhonenya rusak. 

Tapi ya, mau bagaimanapun, lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? 

Menyiapkan charger iPhone cadangan bisa berfungsi sebagai pengganti charger utamanya, agar bisa gonta-ganti. 

Selain itu, charger cadangan juga sangat berguna saat kamu bepergian. Ini membantu menghindari risiko kehilangan charger utama kamu sedang dalam perjalanan dan memastikan kamu selalu memiliki cara untuk mengisi daya perangkat iPhone. 

Dengan menggunakan charger cadangan saat bepergian, kamu dapat menjaga charger utama agar tetap terlindungi di rumah.

FAQ

Bagaimana cara menyimpan charger iPhone dengan baik?

Kamu bisa menyimpan charger iPhone dengan rapi dan hindari menggulungnya terlalu ketat. Gunakan organizer kabel atau wadah penyimpanan yang dirancang khusus untuk menjaga kabel tetap terlindungi.

Apakah perlu memiliki charger iPhone cadangan?

Memiliki charger iPhone cadangan adalah ide bagus. Ini membantu Anda menjaga charger utama Anda tetap terlindungi dan siap digunakan.

Apakah saya perlu menggunakan kabel protektor pada charger iPhone?

Kabel protektor pada charger iPhone dapat membantu melindungi kabel dari kerusakan fisik. Meskipun tidak wajib, penggunaan kabel protektor dapat memperpanjang umur pakai kabel charger kamu.

Kesimpulan

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawar charger iPhone agar awet, mulai dari memakai kabel yang ori, memakai pelindung kabel, melepas charger jika tidak digunakan hingga melipat kabel dengan benar.

Cara-cara di atas bisa kamu terapkan sendiri di rumah ya sobat. Nah, semoga artikel ini bisa membantu kamu yah.