Specialist Service iPhone

Cara Memperbarui iOS Menggunakan OTA, Apa itu OTA?

sampul artikel pembaruan sistem menggunakan metode OTA

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on linkedin
Share on telegram

Kali ini kita kembali lagi dengan pembahasan yang berbeda, yaitu membahas tentang apa itu OTA dan sistem iOS, cara memperbarui iOS menggunakan OTA serta apa saja keuntungannya menggunakan metode tersebut.

Jadi, buat kamu yang penasaran, silahkan untuk membaca artikel ini hingga selesai agar kamu dapat memahami isi dari artikel ini sehingga dapat bermanfaat bagi kamu ya!

Apa itu Sistem iOS?

Nahh, untuk kamu sebagai pengguna iPhone pasti tidak asing lagi dengan sistem operasi seluler satu ini, iOS adalah sistem operasi yang dibuat dan dikembangkan oleh Apple Inc.

Dan perlu kamu ketahui, bahwa sistem iOS adalah sistem operasi seluler terpopuler kedua di dunia setelah Android.

Penjelasan mudah mengenai fungsi iOS sendiri adalah untuk menafsirkan perintah kamu pada aplikasi yang ada di perangkat keras, sehingga mampu mengoperasikan, menggerakkan atau mengaktifkan fitur yang ada pada perangkat keras.

Apa yang dimaksud dengan OTA?

Sebelum membahas lebih lanjut lagi mengenai isi artikel ini, lebih baik kamu mengetahui apa itu yang dimaksud dengan OTA (Over The Air).

OTA (Over The Air) pada iPhone adalah sebuah metode untuk mengupdate sebuah sistem operasi seluler (iOS) pada perangkat iPhone menggunakan koneksi internet.

Sedangkan keuntungan dari pembaruan menggunakan metode OTA (Over The Air) adalah caranya yang mudah untuk diterapkan bahkan untuk beberapa pengguna baru.

Karena dengan menggunakan metode tersebut dapat mempermudah kamu sehingga tidak perlu terhubung ke komputer atau laptop untuk menginstal pembaruan sistem operasi pada perangkat kamu.

Kamu hanya perlu memiliki koneksi internet yang memadai dan memiliki cukup ruang kosong pada perangkat, maka kamu sudah dapat memperbarui sistem operasi pada perangkat kamu.

Pada intinya dengan melakukan pembaruan OTA (Over The Air) dapat memungkinkan kamu untuk mengunduh dan menginstal pembaruan sistem operasi langsung pada perangkat iPhone dengan hanya menggunakan internet.

Keuntungan Memperbarui iPhone menggunakan OTA

Adanya metode pembaruan perangkat ini sehingga dapat mempermudah kamu sebagai penggunanya untuk memperbarui perangkat dengan cara yang lebih mudah dan efisien.

Selanjutnya kita akan menjelaskan tentang apa saja keuntungan dari memperbarui sistem operasi seluler pada perangkat iPhone menggunakan OTA (Over The Air).

1. Mudah dan Praktis

Sebagai pengguna yang ingin memperbarui sistem operasi pada perangkat iPhone, kamu hanya perlu memiliki koneksi internet yang memadai dan memiliki cukup ruang kosong di perangkat iPhone untuk dapat menerapkan metode ini.

2. Tidak Perlu Terhubung ke Komputer atau Laptop

Tidak membutuhkan koneksi ke komputer ataupun laptop, kamu dapat melakukan update sistem operasi langsung melalui perangkat iPhone dengan hanya menggunakan internet saja.

3. Tidak Membutuhkan Kabel atau Perangkat Lain

Kamu dapat melakukan update sistem operasi secara langsung ke perangkat iPhone tanpa membutuhkan perangkat lainya.

Dampak jika Tidak Memperbarui Sistem pada Perangkat

Penting bagi pengguna perangkat seluler seperti kamu untuk selalu melakukan pembaruan, apa lagi kamu sebagai pengguna iPhone.

Ini dikarenakan iOS terbaru umumnya membawa sejumlah perbaikan untuk sistem keamanan dan pengaturan konsumsi daya serta memori yang lebih hemat.

Lalu, apa saja yang dapat terjadi jika kita tidak memperbarui sistem operasi perangkat seluler seperti halnya iOS pada iPhone?

1. Munculnya Bug yang Mengganggu Kinerja Perangkat

Pada umumnya, jika kamu tidak melakukan pembaruan pada perangkat kamu, maka kamu pasti akan sering menjumpai berbagai bug yang mengganggu.

Seperti pada saat iOS 15.1 dirilis, terdapat sejumlah perbaikan bug pada aplikasi Weather yang tidak dapat menampilkan informasi suhu dengan akurat di berbagai lokasi tertentu.

Kemudian, perbaikan diberikan pada masalah laporan penggunaan memori penyimpanan yang tidak akurat pada perangkat.

Selanjutnya, iOS 15.1 kala itu juga membawa perbaikan bug pada masalah iPhone karena tidak dapat mendeteksi beberapa jaringan WiFi yang terdekat dengan perangkat.

Dari beberapa contoh bug diatas, kamu pasti juga akan merasa terganggu karena perangkat kamu tidak dapat bekerja dengan benar dan maksimal bukan?

Maka dari itu, penting bagi kamu untuk selalu memperbarui sistem operasi pada perangkat seluler setiap adanya pembaruan yang baru.

2. Gagal Mengakses Fitur Terbaru

Terjadinya kegagalan pada saat ingin mengakses fitur terbaru sering terjadi jika kamu tidak rutin untuk memperbarui sistem operasi pada perangkat seluler kamu.

Memang tidak semua fitur baru mungkin dapat berguna dan dibutuhkan, tetapi dalam beberpa kondisi, beberapa fitur baru dapat membantu serta mempermudah kamu loh.

3. Mudah Terkena Peretasan

Dampak terakhir jika kamu tidak memperbarui sistem operasi pada perangkat kamu adalah mudahnya terkena peretasan.

Apa lagi kamu sebagai pengguna sistem iOS, karena iOS sendiri sering menambahkan sistem keamanan dan menutup celah yang rentan di eksploitasi oleh peretas dari setiap pembaruan pada sistem keamanannya.

Mengenai beberapa dampak di atas yang dapat merugikan kamu sebagai pengguna, alangkah baiknya untuk selalu memperbarui sistem perangkat kamu.

Cara Memperbarui Sistem iOS Menggunakan OTA

Seperti apa yang telah dijelaskan di atas, OTA (Over The Air) adalah sebuah metode untuk memperbarui sistem operasi (iOS) di perangkat iPhone menggunakan koneksi internet.

Untuk dapat menggunakannya, kamu bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini :

  • Nyalakan perangkat iPhone lalu klik ikon gerigi roda untuk mengakses menu “Pengaturan“.
  • Lalu gulir ke bawah dan tekan opsi “Umum” atau “General“.
  • Setelah itu tekan opsi “Pembaruan Perangkat Lunak“.
  • Tunggu beberapa saat hingga sistem berhasil memuat data pembaruan sistem operasi Setelah data iOS muncul, klik opsi “Unduh dan Instal“.
  • Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang memadai agar proses pengunduhan berjalan dengan lancar dan menghindari terjadinya file yang corrupt.
  • Selesai proses pengunduhan sistem iOS, kamu akan diminta untuk menginstalnya.
  • Proses instalasi sistem iOS mungkin akan memakan waktu sekitar 30 menit.
  • Selama proses instalasi berjalan, jangan melakukan tindakan untuk mematikan daya perangkat iPhone.
  • Pastikan daya baterai dalam kondisi lebih dari 50 persen agar iPhone tidak mati saat proses instalasi berlangsung.
  • Terjadinya instalasi sistem operasi yang gagal, mungkin akan menyebabkan beberapa masalah seperti iPhone tidak mau menyala atau memuat ulang bahkan hingga adanya file yang corrupt.

Bagi kamu yang ingin menerapkan panduan diatas, dimohon untuk memperhatikan panduan diatas dengan benar agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Kesimpulan

Dengan memperbarui sistem perangkat menggunakan OTA (Over The Air) memungkinkan pengguna iPhone untuk mengunduh dan menginstal pembaruan sistem operasi secara langsung di perangkat menggunakan internet, tanpa perlu terhubung melalui komputer.

Hal ini dapat memudahkan kamu sebagai penggunanya untuk memperbarui sistem operasi iPhone dengan cepat dan mudah.

Masih Kesulitan untuk Memperbarui iOS?

Jika kamu masih mengalami kesulitan atau mendapati masalah lainnya pada perangkat kamu, lebih baik kamu segera mengunjungi atau berkonsultasi dengan pelayanan service iPhone terdekat dengan rate pelayanan yang baik seperti SSi (Specialist Service iPhone).

Dengan melakukan kunjungan atau berkonsultasi ke pelayanan service iPhone terdekat seperti SSi (Specialist Service iPhone), kamu dapat segera menyelesaikan masalah yang terdapat pada perangkat iPhone kamu.

Mulai dari beberapa masalah yang sering terjadi pada umumnya, bahkan hingga masalah yang serius pada perangkat iPhone kamu.

Seperti iPhone yang tiba-tiba mati total, adanya glitch pada layar iPhone, layar iPhone blank putih serta beberapa masalah serius lainya.

Baca juga :

Sekian, sampai bertemu lagi di pembahasan berikutnya dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu ya!